sejarah honda

Sejarah singkat Honda Motor Company

sejarah hondaHonda Motor Company didirikan oleh Soichiro Honda pada bulan Oktober 1946. Soichiro Honda sendiri sangat tertarik dengan mobil sejak usia kecil sehingga dia suka menyetel mobil dan memasukkannya ke dalam balapan dan menggunakan garasi temannya. Saat beranjak dewasa, dia memutuskan untuk berada di industri otomotif. Tak lama kemudian usahanya terbayar dan dia mendapat kontrak untuk memasok cincin piston untuk pembuat mobil utama. Namun sayangnya dia kehilangan kontrak karena produknya tidak sesuai dengan kualitas yang dipersyaratkan. Maka ia pergi ke berbagai pabrik di Jepang mencari cara untuk meningkatkan kualitas mesin dengan membuat ring piston yang efisien.

Usaha kerasnya terbayar ketika dia menemukan proses yang sangat otomatis yang bisa menggunakan pekerja tidak terampil untuk menghasilkan cincin piston berkualitas tinggi. Toyota sangat terkesan dengan produknya dan membelinya pada tahun 1941. Selanjutnya ia memulai sebuah perusahaan bernama Tokai Seiki untuk menghasilkan produknya dalam skala yang lebih besar. Tak lama kemudian Toyota membeli 40% saham perusahaan tersebut dan Soichiro dan para pejabat di Toyota bisa membangun hubungan bisnis yang langgeng. Tapi serangkaian bencana merusak sebagian besar perusahaannya dan ini memaksa Soichiro untuk menjual bagian-bagian yang tersisa dari perusahaannya ke Toyota.

Pada tahun 1946 ia mendirikan Honda Technical Research Institute untuk menjual sepeda yang disesuaikan dengan motor yang terpasang. Dia hanya memiliki 12 karyawan pada saat itu yang bekerja di area seluas 170 sq ft. Saat ini Honda telah berkembang hingga berbagai Negara,termasuk di Indonesia. (dok) Honda Jakarta

Related posts: