Mengenal Job desk dan Profesi Account Payable

Ada banyak pekerjaan yang dapat Anda dapatkan di bidang accounting atau di bidang finance. Tidak hanya sebatas frontliner yang terlihat di bank-bank saat kita mengunjunginya saja, di dalamnya, ada banyak bagian yang juga menantang dan membutuhkan tingkat ketelitian serta konsentrasi yang sangat tinggi. Bagi Anda yang tertarik mengambil pekerjaan di bidang finance, Anda bisa memilih pekerjaan menjadi account payable. Apa sebenarnya pekerjaan sebagai account payable itu? Bagi Anda yang masih awam dan belum mengetahui pekerjaan apa saja yang ada di dunia finansial, Anda mungkin masih asing dengan profesi satu ini. Nah, untuk mengenalnya lebih mendalam, berikut bahasan mengenai pekerjaan menantang ini.

Account payable sebenarnya bukanlah sebuah posisi dalam pekerjaan, namun, ada pekerjaan yang bertugas untuk mengurusi bidang account payable yang biasa disebut dengan account payable staff. Nah, staff yang bekerja di bidang ini menangani mengenai berbagai hal yang kaitannya dengan transaksi pembelian atau pembayaran yang dilakukan perusahaan. Bagian ini memiliki tanggung jawab besar dalam pengeluaran uang perusahaan dalam hal pembelian. Nah, job desk account payable di bagian akuntansi/finance diantaranya sebagai berikut.

  1. Koordinasi dan saling berkomunikasi dengan bagian yang berkaitan dengan rantai suplai termasuk di dalamnya bagian pergudangan, bagian pembelian, bagian produksi, bagian penjualan, serta vendor terkait.
  2. Menganalisis berbagai hal terkait dengan pembelian yang dilakukan perusahaan.
  3. Mendokumentasi segala hal yang berkaitan dengan pembelian.
  4. Sebagai pintu yang mengeluarkan uang perusahaan untuk melakukan pembayaran terhadap suatu barang yang dibeli sesuai dengan perjanjian yang sudah disahkan sebelumnya.
  5. Melaporkan segala hal yang berkaitan dengan pembelian serta neracanya.

 

Profesi account payable di bagian akuntansi/finance akan sangat berat jika orang yang mengerjakannya tidak menyukai pekerjaan yang harus dikerjakan di Balik meja ini. Hal ini karena pekerjaan ini membutuhkan ketekunan, ketelitian, serta kedisiplinan yang tinggi. Jika Anda tertarik dengan bidang perhitungan akuntansi dan melakukan hal dari Balik meja, Anda akan sangat cocok bekerja di bidang ini.

Related posts: