Memahami Manfaat Fumigasi

Memahami Manfaat Fumigasi
Memahami Manfaat Fumigasi

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat fumigasi. Sebelum membahas manfaat dari fumigasi, kita harus memhami apa arti fumigasi tersebut. fumigasi meruapakan suatu penegndalian hama serta rayap dengan cara memasukkan atau melepaskan senyawa imia berupa fumigant ke dalam suatu ruangan yang kedap akan udara atau ke ruangan yang tertutup selama beberapa waktu saja dalam konsentrasi atau dalam dosis yang bisa membasmi atau mematikan hama. Seperti yang sudah dikatakan bahwa melakukan fumigasi ini menggunakan senyawa kimia bernama fumigant. Fumigant sendiri bahan kimia yang berada pada tekanan dan suhu tertentu bisa menjadi suatu gas yang beracun untuk organism – organism pengganggu seperti contoh PH3 atau phospin dan CH3BR atau methyl bromide.

Manfaat dan Keuntungan melakukan fumigasi

Selanjutnya kita akan membahas mengenai manfat dan keuntungan melakukan fumigasi. Adapun sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan dari fumigasi ini seperti :

  • Fumigasi tidak akan merubah ataupun merusak komoditi atau fisik serta komposisi
  • Tidak akan meninggalkan residu, maka dari itu tidak akan berbahaya untuk pembeli akhir
  • Sangat efektif dalam mengendalikan semua stadia hewan pengganggu atau hama seperti larva, telur, imago, dan pupa.
  • Bisa menjangkau hama sampai kepada tempat yang tersembunyi atau ke tempat yang sangat sulit dijangkau (tepatnya dalam komoditi)

Di atas merupakan keuntungan dari melakukan fumigasi, selanjutnya yang akan dibahas ialah manfaat fumigasi. Manfaat yang akan diperoleh darri melakukan fumigasi ini adalah sebagai berikut :

  • Bisa menurunkan adanya resiko turunnya nilai komoditas yang teah tersimpan atau disimpan pada silo maupun gudang karena kegiatan hama, sehingga waktu penyimpanan komoditas bisa lebih panjang lagi.
  • Fumigasi dokumen bisa menjaga dokumen dari adanya serangga atau hewan – hewan perusak yang lainnya.
  • Dapat melengkapi atau memenuhi ketentuan phytosanitary Negara yang memiliki tujuan ekspor. Eksportir akan mengambil atau meneria sertifikat fumigasi yang akan menjadi bukti bahwa consignment sudah memperoleh perlakukan eradikasi hewan pengganggu atau hama.

Related posts: